Myologi

                                       

Mylogi (otot)  Mylogi adalah  cabang ilmu yang mempelajari tentang otot dan struktur yang ada hubunganya dengan otot misal : tendo,aponeurosis,bursa,dan fascia. 
Jenis otot 
a. otot skelet/seran lintang/otot lurik miliki deaain yang efektif untuk pengerakan yang spontan yang membutuhkan tenaga besar. pergerakanya diatur dari sel syaraf motorik. otot ini menempel pada kerangka dan digunakan untuk pergerakan. 


b. otot polos otot yang di temukan dalam intestinum dan pembuluh darah bekerja dengan pengaturan dari sistem saraf tak sadar, yaitu saraf otonom. 
otot polos di bagi dua:
-otot polos unit ganda (multi unit)
-otot polos unit tunggal( sigle unit)

c. otot jantung otot yang di temukan dalam jantung otot ini beeerja secara terus-menerus tanpa henti pergerakannya tidak dipengaruhi sinyal saraf pusat. 
Menurut fungsinya 
-Otot sadar dipengaruhi saraf pusat dan sum-sum tulang belakang.
-Otot tak sadar otot di pengaruhi saraf otonom.  
Struktur Otot 

a. tendon jaringan ikat fibrasa (tidak lastic) yang tebal dan bewarna putih yang menghubungkan otot rangka dengan tulang, urat urat ini berupa serabut sampai yang putih, berkilap, tidak elastic.
b. fascia adalah merupakan jaringan ikat gabungan dari jaringan fibrus dan areolar yang membungkus dan menghimpun otot menjadi satu. Setiap fasciculus di pisahkan oleh jaringan ikat perimysium, didalam pascicle.
c. Endomysium menglilingi satu bekas sel otot di antara endomysium dan bekas serat otot tersebar sel satelit yang berfungsi dalam perbaikan jaringan otot yang rusak.
d. Sarcolemma memberane sel/serat otot) dan sarcoplasma yang merupakan unit struktural jaringan otot yang berdiameter 0,01-0,1 mm dengan panjang 1-40 mm yang melapisi suatu sel otot yang fungsinya sebagai pelindung otot.
e. Miofibril merupakan serat -serat yang terdapat di dalam otot. Dibawah mikroskop, miofibril akan tampak seperti pita gelap dan terang yang bersilangan.
f. Miofilamen merupakan benang-benang /filament halus yang berasal dari miofibril
miofilament ada dua
-miofilament homogeny
-miofilament heterogen
g. sarkoplasma merupakan cairan sel otot yang fungsinya untuk tempat dimana miofibril dan miofilament berada.
https://googleweblight.com/i?u=https://www.ilmudasar.com/2016/12/Pengertian-Struktur-Jenis-dan-Fungsi-Otot-adalah.html?m%3D1&hl=id-ID


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anatomi Arthrologi

Pengertian Anatomi